Profil Nara Masista Rakhmatia, Diplomat Wanita Muda Cantik Indonesia

klg asli

berhasil

Profil Biografi Biodata Lengkap Nara Masista Rakhmatia Diplomat Wanita Cantik Indonesia di PBB

Wartainfo.com - Dibalik wajah cantiknya, sorot matanya tajam, tegas namun tenang dalam berbicara, Nara Masista Rakhmatia (33) menjadi sorotan dunia. Di depan Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa ke-71, diplomat muda cantik ini 'menantang' enam pemimpin negara kawasan Pasifik yang mengecam Indonesia soal Papua.

Nara Masista Rakhmatia memang hanya bertugas membacakan pernyataan tegas pemerintah Indonesia di Sidang Umum Perserikatan Bangsa Bangsa. Dia membacakan protes keras Indonesia atas tudingan pelanggaran HAM oleh enam negara di Kepulauan Pasifik yakni; Kepulauan Solomon, Vanuatu, Nauru, Kepulauan Marshall, Tuvalu dan Tonga. Sikap Nara saat membacakan pernyataan Indonesia itu menuai pujian.

Baca juga: Diplomat Muda Indonesia Nara Masista Rakhmatia, Balas Keras Pernyataan 6 Pimpinan Negara

Nara juga dengan tegas meminta kepada kelompok negara-negara kecil itu untuk tidak menggunakan Sidang Umum PBB untuk melanggar kedaulatan negara lain.

“Mereka telah melanggar Piagam PBB dengan mengintervensi kedaulatan negara lain sebagai pengalihan isu politik dari negara mereka,” ujarnya, seperti dalam tayangan Youtube, Kamis, 29 September 2016.

Di akhir pernyataan resminya, Indonesia yang diwakili oleh Nara Masista Rakhmatia mengibaratkan enam negara di Kepulauan Pasifik itu sebagai orang yang telunjuknya mengarah ke orang lain tapi tiga jarinya mengarah ke diri mereka sendiri. Sebuah pepatah melayu dikutip untuk menyindir enam negara di Kepulauan Pasifik yang memprovokasi agar Papua merdeka.

"Ketika seseorang mengarahkan jari telunjuknya ke yang lain, maka jari jempolnya secara otomatis menunjuk ke dirinya sendiri," kata Sekretaris Kedua Bidang Ekonomi, Misi Tetap Indonesia untuk PBB ini mengakhiri pernyataannya.

Siapakah Nara Masista Rakhmatia?

Foto Profil Biografi Biodata Legkap Nara Masista Rakhmatia Diplomat Muda Cantik Indonesia Untuk PBB

Nara Masista Rakhmatia sejak April 2016 lalu menjabat sebagai Sekretaris Dua Perwakilan Tetap Republik Indonesia (PTRI) di PBB. Sebelumnya selama Januari 2014 sampai Maret 2016 dia menjabat Sekretaris Tiga PTRI. Diplomat berusia 33 tahun itu adalah lulusan Sekolah Departemen Luar Negeri angkatan 33 tahun.

Nara menyelesaikan pendidikan S1 di FISIP UI jurusan Hubungan Internasional dan lulus tahun 2002. Sebelum terdaftar sebagai Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Luar Negeri, berturut-turut sempat menjadi asisten dosen di FISIP UI dan peneliti di CERIC (Center for Research on Inter-group Relations and Conflict Resolution) dan juga Center for East Asia Cooperation Studies.

Semua lembaga itu berada di bawah naungan FISIP UI. Lulusan SMA 70 Jakarta itu juga aktif menulis sejumlah jurnal terkait kebijakan luar negeri. Penempatan pertamanya di Kemlu adalah di Direktorat Kerjasama Antar Kawasan pada Direktorat Jenderal Urusan Asia Pasifik dan Afrika.

Pernyataan Lengkap Nara Masista Rakhmatia, Diplomat Cantik Indonesia di Sidang PBB

Category: Internasional, News, Profil Tokoh
Jayabet