Switch Alpha 12, Laptop Acer Terbaru Tanpa Kipas Pertama di Dunia

klg asli

berhasil

Gambar Switch Alpha 12 Laptop Acer Terbaru Tanpa Kipas Pertama di Dunia

Wartainfo.com - Laptop berkinerja tinggi dengan prosesor Intel seri Core i biasanya memerlukan pendingin aktif berupa kipas untuk meredam panas yang ditimbulkan. Tapi tidak demikian halnya dengan Switch Alpha 12 dari Acer.

Pertama kali diperkenalkan dalam sebuah acara di New York, Amerika Serikat, April lalu, Laptop Acer Switch Alpha 12 kini mulai masuk ke pasara Indonesia.

Produk ini diklaim sebagai laptop 2-in-1 (ketegori laptop yang juga berfungsi sebagai tablet) pertama di dunia yang mengusung sistem pendinginan tanpa kipas (fanless) dengan teknologi Liquid Loop.

Alhasil, Switch Alpha 12 bisa beroperasi dengan senyap sekaligus tetap menawarkan kinerja tinggi ala laptop, karena dibekali prosesor seri Core i dari Intel, bukan seri Atom atau Core M yang performanya lebih rendah.

Acer menjanjikan bahwa teknologi pendingin Liquid Loop mampu meredam panas yang ditimbulkan prosesor Switch Alpha 12 dengan efektif sehingga perangkat bisa tetap stabil walaupun tanpa kipas.

Switch Alpha 12 juga dipasarkan dengan aksesori stylus (256 tingkat kekuatan tekanan) yang bisa digunakan untuk menulis atau menggambar di permukaan layar sentuhnya yang selebar 12 inci dengan resolusi 2.160 x 1.440 piksel.

Ada juga keyboard yang menempel dengan engsel magnetik ke sisi bawah Switch Alpha 12 dan bisa dilipat seperti aksesori cover pada perangkat tablet. Keyboard ini memiliki tombol-tombol full-size dan fitur backlight untuk membantu pengetikan di kondisi kurang cahaya.

Cara Kerja Liquid Loop

Foto Harga Spesifikasi Lengkap Liquid Loop Switch Alpha 12 Laptop Canggih Acer terbaru Tanpa Kipas Pertama di Dunia

Sistem pendingin Liquid Loop sendiri terdiri dari pipa logam yang disusun mengelilingi prosesor dan tersambung dari satu ujung ke ujung lain (loop).

Bagian dalam pipa ini berisi cairan khusus yang berfungsi sebagai penghantar panas dari prosesor. Cara kerjanya, panas ditransfer dari prosesor lewat heatpipe ke sistem Liquid Loop.

Panas ini membuat cairan di dalam Liquid Loop menguap. Uap cairan berjalan mengelilingi pipa layaknya uap air. Sepanjang jalan, uap tersebut mendingin dan kembali berubah menjadi cairan (kondensasi). Uap yang telah menjadi cairan itu lantas terkena panas dari prosesor dan kembali mengulangi proses di atas.

Cara kerjanya mirip pendingin air pada kendaraan bermotor. Hanya saja, cairan yang digunakan memiliki titik didih lebih rendah dari air sehingga bisa menguap di suhu kurang dari 100 derajat Celsius dan tidak membutuhkan radiator untuk melepas panas. Switch Alpha 12 pun bisa beroperasi dengan senyap.

Category: Gadget, TeknologiTags:
obat viagra