3 Alasan Mengapa Bersihkan Telinga dengan Cotton Bud Berbahaya

klg asli

berhasil

Ini Bahaya Membersihkan Telinga dengan Cotton Bud

Wartainfo.com - Tahukah kamu, membersihkan telinga dengan menggunakan kapas (cotton bud) sebenarnya tidak dianjurkan. Walau rasanya enak, membersihkan telinga dengan cotton bud sebenarnya berbahaya dan tidak efektif.

Kebanyakan orang menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga mereka. Sejak lama kita memang sudah terbiasa memasukkan cotton bud ke dalam telinga, kemudian mengorek-orek bagian dalam untuk mengeluarkan kotoran telinga. Hingga sekarang masih banyak orang yang percaya bahwa ini adalah kebiasaan yang menyehatkan. Padahal justru sebaliknya.

Telinga adalah salah satu bagian tubuh yang sering menyimpan kotoran di dalamnya. Jika tidak dibersihkan, kotoran ini bisa menyimpan bakteri yang berlanjut membuat telinga jadi infeksi. Untuk itu, kotoran telinga perlu dibersihkan secara rutin. Dan cotton bud menjadi alat yang umum digunakan untuk membersihkan telinga.

Namun sebuah penelitian yang dilansir dari boldsky.com mengungkapkan bahwa kamu sebaiknya tidak lagi memakai cotton bud. Apa alasannya?

1. Membuat Kotoran Telinga Masuk Lebih Dalam

Dengan menggunakan cotton bud, maka secara otomatis kamu akan mendorong kotoran untuk masuk lebih dalam ke telinga. Hal ini bisa membahayakan kesehatan telingamu.

2. Bisa Menyentuh Gendang Telinga

Terkadang kamu bisa memasukkan cotton bud terlalu dalam. Dan tindakan ini berujung dengan bisa tersentuhnya gendang telingamu yang justru menimbulkan ancaman kesehatan yang lebih serius. Gendang telinga adalah bagan yang sangat rapuh sehingga cotton bud bisa menggesek dan menyebabkan kerusakan pada gendang telinga.

3. Menjadikan Kotoran Bertumpuk

Selain membuat kotoran masuk lebih dalam, tindakan membersihkan telinga dengan cotton bud juga membuat kotoran bertumpuk lebih dalam. Telinga jadi penuh bakteri yang berakhir dengan munculnya infeksi.

Sebenarnya telinga mempunyai mekanisme tersendiri untuk membersihkan kotoran. Kamu tak perlu menggunakan cotton bud untuk mengangkat kotoran tersebut. Cukup teteskan baby oil atau air garam dan miringkan telingamu. Maka kotoran bisa keluar dengan sendirinya.

Kotoran telinga mengandung zat anti bakteri yang mencegah telinga dalam terkena infeksi dan air bisa keluar dengan lebih mudah. Kotoran telinga diproduksi bagian dalam telinga dan berguna untuk membawa keluar sel kulit mati serta kuman.

Terlalu sering membersihkan kotoran telinga akan membuat bagian telinga terasa kering dan kasar. Telinga Anda juga tak terlindungi dari bakteri yang masuk ke dalamnya.

Category: KesehatanTags:
Jayabet