Menelusuri Baia, Kota Romawi Kuno yang Tenggelam di Bawah Lautan

klg asli

berhasil

Foto Baia Kota Kuno Peninggalan Romawi Kuno Yang Tenggelam di Bawah Laut

Wartainfo.com - Sejumlah kota kuno di dunia terendam air atau tenggelam karena gempa bumi, tsunami atau bencana lainnya ribuan tahun lalu. Kini, beberapa reruntuhan kota kuno tersebut telah ditemukan kembali, entah itu karena ketidaksengajaan semata atau pun karena adanya inovasi teknologi.

Seperti halnya di Italia yang memang menyimpan berbagai peninggalan kejayaan Bangsa Romawi yang berkuasa berabad-abad silam. Beberapa peninggalan ini masih bisa dilihat traveler berdiri kokoh di daratan, sementara yang lainnya ada juga yang berada di dasar lautan.

Salah satu yang paling terkenal yaitu reruntuhan Kota Baia di lepas pantai Teluk Napoli. Baia di zaman Romawi merupakan kota pusat hiburan, liburan, dan hedonisme, layaknya Las Vegas di zaman sekarang. Baia di zaman itu terkenal akan mata air alami, dan resort pantainya yang punya pemandangan indah.

Sejarah Gambar Foto Kota Tua Peninggalan Romawi Kuno Yang Tenggelam Hilang di Bawah Dasar Laut

Lantai mozaik di reruntuhan bawah laut Baia (Pascuale Vassallo/Youtube)

Bahkan Julius Caesar, hingga Kaisar Nero pun mendirikan bangunan villa di Kota Baia. Namun kejayaan Baia selama kurang lebih 3 abad harus berakhir, seiring dengan kejatuhan Kekaisaran Roma. Baia hancur setelah diserang oleh bangsa Barbar, dan juga Pasukan Muslim di abad ke-8.

Kehancuran Baia makin diperparah dengan letusan serta aktivitas gunung berapi yang menyebabkan naiknya permukaan air laut. Akhirnya, Baia benar-benar tenggelam total dan hilang ditelan lautan. Namun beberapa reruntuhannya masih bisa traveler jumpai dengan jelas, di kedalaman sekitar 5 meter.

Dilihat wartainfo.com dari situs resmi Underwater Archaeological Park of Baia, Baia kini menjadi destinasi wisata selam bagi para penghobi olahraga diving, baik dari tingkat pemula maupun yang sudah advance. Ada banyak spot bersejarah yang bisa traveler lihat di Baia.

Sejarah Foto Gambar reruntuhan Baia Kota Tua Peninggalan Romawi Kuno Yang Tenggelam di Bawah Laut

Batuan marmer berkualitas tinggi dan bertahan hingga berabad-abad di kota bawah laut Baia. (Pascuale Vassallo/Youtube)

Beberapa spot diving yang ada di Baia antara lain Smokey Reef, Portus Julius, Pisonian Villa, Villa Protiro, Maritime Villa, Aragonese Castle, Sunken Nymphaeum hingga Mercusuar Miseno. Masing-masing spot diving tentunya memiliki keunggulannya sendiri.

Ada dive spot yang masih memperlihatkan lantai mozaiknya yang menggunakan batuan marmer kualitas nomer satu. Setelah diteliti, batu marmer ini berasal dari beberapa wilayah di Italia hingga Yunani. Ada pula patung Julius Caesar, dan masih banyak yang lainnya.

Baca juga:

Selain itu, ternyata ada pula peninggalan di Baia yang belum tenggelam ke lautan alias masih berada di daratan. Peninggalan itu termasuk Kastil Baia, Kuil Serapis, serta Kastil Rione Terra yang sangat cantik.

Kamu yang penasaran bisa langsung menuju ke Italia untuk menyelam di bawah laut Baia. Untuk sementara, nonton dulu videonya di bawah ini:

Category: Dunia, INFO TravelTags:
Jayabet