Lima Jenis Jerawat Paling Umum dan Cara Mengatasinya

klg asli

berhasil

Jerawat Batu Kecil Besar Parah Meradang di Dagu Pipi Kanan Kiri

Wartainfo.com - Jerawat memang menjadi salah satu masalah yang cukup serius buat setiap seseorang. Bagaimana tidak serius, karena adanya jerawat, seseorang menjadi kurang percaya diri dan kulit wajah pun tak lagi semulus yang diharapkan. Belum lagi, jika jerawat tersebut mengalami ruam dan menimbulkan rasa sakit serta gatal. Juga, ketika jerawat tersebut menimbulkan bekas atau noda. Duh, pasti sangat mengganggu bukan?

Jerawat 'modern' yang berkembang saat ini bukan hanya 'menghinggapi' para remaja namun juga orang dewasa. Meski menyerang tanpa kenal usia, tidak semua jerawat bisa ditangani dengan cara yang sama. Apalagi penyebab jerawat juga bisa berbeda-beda pada setiap orang, mulai dari pola makan, hormon, hingga keturunan.

Agar jerawat sembuh maksimal dan tidak menimbulkan bekas, Anda perlu menyesuaikan cara perawatan dengan jenis jerawat. Berikut adalah 5 jenis jerawat paling umum dan cara mengobatinya:

1. Jerawat yang Besar dan Memerah

Jerawat yang membesar dan berwarna merah biasanya disebabkan karena hormon atau keturunan. Jerawat yang dinamakan kista itu memang paling sulit disembuhkan dan sering menimbulkan rasa sakit.

Dilansir Teen Vogue, permasalahan kulit tersebut bisa diobati dengan beberapa teknik berbeda. Salah satunya yang paling umum adalah dengan mengaplikasi produk dengan kandungan salicyd acid dan benzoyl peroxide. Atau dengan mengonsumsi obat probiotik dengan anjuran dokter.

2. Kecil, Memerah, dan Tidak Ada Kepalanya

Jerawat jenis ini juga cukup menyebalkan. Tidak seburuk jerawat kista, problema kulit yang juga disebabkan karena hormon dan keterunan ini cukup sensitif jika disentuh.

Meski begitu, jerawat kecil dan tidak ada nanahnya biasanya tidak menimbulkan luka yang dalam seperti kista. Disarankan untuk menggunakan produk peeling untuk membersihkan kotaran, debu, dan sisa makeup secara mendalam sehingga mencegah jerawat jenis ini datang lagi.

3. Jerawat yang Terpendam dalam Kulit

Jerawat yang terpendam justru biasanya lebih sakit dari pada yang terlihat. Menurut dermatologis, problema itu bisa jadi jerawat kista yang belum keluar ke permukaan. Walau begitu, jerawat jenis ini bisa hilang dengan sendirinya jika tidak teriritasi. Untuk itu, hindari memencet dan menyentuhnya berlebihan.

4. Jerawat di Dagu dan Rahang

Anda mungkin pernah mengalami tumbuhnya beberapa jerawat di area dagu dan rahang secara tiba-tiba. Biasanya hal tersebut disebabkan karena hormon sehingga terjadi setiap bulan. Salah satu cara untuk menghindari dan mengobatinya adalah dengan membersihkan bagian dagu dan rahang secara lebih mendalam.

"Bagian rahang dan dagu kadang sering sulit dijangkau dan kadang terlewatkan ketika dibersihkan," ungkap dermatologis Kim Nichols kepada Teen Vogue.

5. Komedo Putih

Komedo biasa disebabkan karena produksi minyak berlebih dan bakteri yang terperangkap di pori-pori. Bisa jadi itu terjadi karena hormon.

Menurut dermatologis, Anda bisa menggunakan krim wajah dengan kandungan retinol untuk membantu menghilangkannya. "Krim retinol digunakan beberapa malam seminggu karena bisa meminimalisir komedo," kata Kim.

Baca juga: 5 Rahasia Cantik Alami Wanita Indonesia Jaman Dulu

Category: Fashion & Beauty, KesehatanTags:
Jayabet