Tidak Berbahaya, 7 Bug Pada Komputer ini Justru Kocak!

4. 'Bayi Setan' di The Sims 3

Bug Komputer Bayi Setan di Game The Sims 3

The Sims adalah game simulasi kehidupan berbentuk strategi yang dikembangkan oleh The Sims Studio dan EA. Game ini merupakan salah satu game paling laris di dunia.

Namun video game tentu punya beberapa hal yang membuatnya kurang sempurna. Salah satunya adalah di The Sims 3 yang beberapa pakaian yang seharusnya hanya bisa dipakai orang dewasa, bisa dikenakan oleh bayi. Akhirnya bayi tersebut punya tulang yang 'molor' dan punya tangan dan jari-jari yang panjang. Tak cuma itu, hasil dari bug ini jadi seperti orang dewasa yang kepalanya tak terletak di atas, namun berada di kaki dan itupun berbentuk kepala bayi. Tak heran bug ini dijuluki bayi setan.

5. Anak kecil bisa main game dewasa di XBOX

Bug Komputer Anak Kecil Bisa Main Game Dewasa XXX di Xbox

XBOX One buatan Microsoft punya cara untuk mencegah anak bermain game untuk orang dewasa. Hal ini bisa dilakukan dengan sistem akun, yang tiap akunnya diproteksi password untuk masuk.

Pada 2014, seorang anak 5 tahun menemukan bahwa dia bisa masuk ke akun XBOX One milik ayahnya hanya dengan memasukkan password salah di percobaan pertama, lalu spasi di percobaan kedua. Bug ini membuat sang anak bisa memainkan seluruh game ayahnya yang tak jarang berisi kekerasan dan juga 'buka-bukaan'.

Sang ayah akhirnya melaporkan hal ini ke Microsoft dan Microsoft segera menerbitkan patch baru untuk Xbox One. Sang anak yang bernama Kristoffer Wilhelm von Hassel, oleh Microsoft dimasukkan dalam daftar 'peneliti keamanan' resmi Microsoft di 2014. Sang anak dijuluki oleh netizen sebagai peretas topi putih termuda di dunia.

6. Bank yang bangkrut karena bug tagihan listrik

Bug Komputer di Bank Tempat Tagihan Listri yang Membuat Bangkrut

Seorang pasangan dari Inggris, berencana berganti supplier listrik dari Scottish Power ke NPower (semacam PLN jika di Indonesia, namun tersedia banyak pilihan). Tagihan bulan pertama di Npower cukup mengejutkan, yakni angka yang jika dikurskan mencapai 1.200 milyar Rupiah.

Ternyata ini terjadi karena bug pada komputer yang secara otomatis mengkalkulasi jumlah meteran dan menerjemahkannya jadi tagihan. Komputer tersebut salah menerjemahkan meteran karena programmer tidak menyadari bahwa meteran yang disetel manual punya setelan yang berbeda pula di tagihan.

Uniknya, tagihan tersebut hampir membuat bank bangkrut karena tagihan yang langsung dipotong ke rekening tersebut bahkan lebih besar dari nilai aset dari bank yang menaunginya.

7. Bill Gates mendemokan fitur Windows yang ternyata miliki bug fatal

Bug Aplikasi Komputer di Windows Bill Gates Yang Tidak Berbahaya Tapi Kocak

Microsoft Windows 95 rilis pada Agustus 1995, dan mencapai penjualan luar biasa hanya dalam beberapa bulan rilis. Setelah lewat dalam beberapa tahun, Microsoft mencoba merilis Windows 98. Perkenalan pertamanya adalah di COMDEX COnvention yang merupakan pameran komputer terbesar saat itu.

Pada versi beta Win98, Bill Gates dan Chris Capossela mendemonstrasikan fitur Plug and Play dengan perangkat tertentu pada Win98. Saat itu perangkat yang digunakan adalah scanner. Ketika ditancapkan di komputer demo, bukannya scanner bisa langsung digunakan, layar justru menunjukkan 'Blue Screen' yang mengindikasikan fatal error.

Capossela buru-buru mematikan layar, dan semua penonton tertawa bahkan bertepuk tangan dengan kencang. Momen ini tentu ditertawakan oleh orang di seluruh Amerika Serikat karena saat itu WIndows 98 adalah raksasa teknologi yang acaranya bahkan disiarkan langsung oleh CNN.

Untung Bill Gates mencairkan suasana dengan menimpali dengan spontan "inilah mengapa kami masih belum menjual Windows 98."

Category: TeknologiTags: