Kisah Nyata di Balik 5 Film Horor Hantu Terseram Yang Menakutkan

4. The Exorcist (1973)

Foto Sinopsis Cerita Asli The Exorcist (1973) Movie Scene Photos Film Horor Hollywood Terbaik yang Diangkat dari Kisah Nyata Paling Terseram di Dunia 2017

Wajah buruk dengan pandangan mengerikan, seringai lebar, kepala berputar 360 derajat, tubuh yang melayang di udara, cairan muntah berwarna hijau. Hingga saat ini, film The Exorcist yang dirilis tahun 1973 masih bikin merinding orang yang bernyali melihatnya.

Satu-satunya yang mungkin membuat nyaman adalah informasi bahwa cerita itu hanya fiksi belaka. Namun, bisa jadi anggapan itu sama sekali tak benar.

Sejumlah orang berpendapat, hal mengerikan yang ada dalam film tersebut terinspirasi kejadian nyata: tentang seorang bocah lelaki dari pinggiran Washington DC yang kerasukan setan pada 1949. Yang dikenal sebagai "St Louis Exorcism Case" -- kasus eksorsisme atau pengusiran setan di St Louis.

Sebut saja bocah 13 tahun itu Roland atau Robbie Doe identitas aslinya masih anonim hingga saat ini. Ia lahir pada 1935 dengan masa kecil bermasalah di keluarga yang tak rukun.

Segala keanehan dimulai pada Januari 1949. Ketika itu, keluarga Robbie mulai mendengar suara garukan di dalam dinding dan langit-langit rumah, tapi bukan tikus.

Juga ada suara mirip langkah orang di lorong, benda-benda berpindah dengan sendirinya. Serangan misterius mulai dialami Robbie. Selimut dan seprainya robek, ia juga dilaporkan ditarik dari tempat tidurnya oleh kekuatan tak kasat mata.

Orangtuanya yakin, ia kerasukan. Apalagi sebelumnya, ia bermain-main dengan papan ouija media berkomunikasi dengan arwah. Sang tante yang mengajarinya.

Ritual pengusiran setan pada 1949 itu dipimpin Pastor William Bowdern. Ia bersikukuh, apa yang terjadi kala itu hal yang nyata.

Bowdern dibantu oleh Pendeta Walter Halloran, yang tidak seperti rekannya, berbicara secara terbuka dan menyatakan keraguan soal kejadian paranormal terkait Robbie, satu dekade lalu.

Menurut Halloran, bocah itu terlihat sangat menderita. "Anak itu takut, bingung, terjebak dalam sesuatu yang dia tidak mengerti," kata dia.

5. The Possession (2012)

Gambar Sinopsis Cerita Asli The Possession (2012) Movie Poster Film Horor Barat Terbaik yang Diangkat dari Kisah Nyata Paling Terseram di Dunia 2017

Possession konon terinspirasi peristiwa dalam kehidupan nyata. Film yang dirilis pada 2012 itu didasarkan pada kotak dybbuk berhantu.

Cerita aslinya berawal dari sebuah kotak anggur tua yang ditawarkan di situs lelang eBay. Barang yang awalnya ditawarkan senilai US$ 1, terjual dengan harga akhir US$ 300 kepada seorang pembeli bernama Kevin Mannis.

Kotak itu ternyata milik seorang penyintas Holocaust -- satu-satunya dalam keluarganya yang bertahan hidup dari siksaan tukang jagal Nazi.

Sebelum Mannis membawa pulang kotak itu ke rumah, karyawan menelepon, memberitahukan bahwa ada seseorang yang merusak tokonya.

Siapa gerangan pelaku perusakan tak diketahui. Sementara, karyawan yang menelepon tiba-tiba berhenti dari pekerjaannya dan tidak pernah muncul lagi.

Mannis memutuskan untuk memberikan kotak itu sebagai hadiah untuk ibunya yang berulang tahunnya. Setelah menerima kotak itu, sang ibu mengalami stroke dan kehilangan kemampuan untuk berbicara.

Kevin Mannis mencoba memberikan kotak itu pada anggota keluarganya yang lain. Namun, mereka akhirnya mengembalikannya. Alasannya, bau-bau aneh dilaporkan menguar dari kotak itu. Kadang aroma melati, lainnya mengaku mencium kencing kucing.

Semua orang yang menerima kotak itu, termasuk Kevin, mengalami mimpi buruk yang sama. Mereka bermimpi teman-teman mereka akan berubah menjadi setan dan melumat tubuhnya. Saat ini, kotak ini di tangan seorang kurator sebuah museum universitas.

Category: Film MovieTags: