Video 6 Momen di Opening Ceremony Asian Games 2018 Yang Jadi Viral

4. Korea Utara dan Korea Selatan Bersatu

Kontingen Korea Utara dan Selatan pun mendapat sambutan meriah. Kedua Korea mengirimkan kontingennya di bawah satu nama yakni 'Korea'.

Mereka saling berpegangan tangan sambil berjalan. Hal itu menunjukkan kebersamaan dua Korea yang selama ini memiliki hubungan kurang baik.

Tak cuma kontingen yang berpegangan tangan. Perdana Menteri Korsel, Lee Nak-Yon dan Deputi Perdana Menteri Korut, Ri Ryong-Nam juga saling berpegangan tangan ketika kontingen negara mereka tampil.

5. Saat Indonesia Raya Berkumandang

Sesaat setelah pembukaan Asian Games 2018 memasuki sesi hiburan, bendera Indonesia dikibarkan di SUGBK. Pengibaran bendera dilakukan setelah ada defile kontingen atlet dari negara-negara peserta Asian Games.

Sama seperti di Istana Merdeka, pengibaran bendera dilakukan oleh tim paskibra. Penonton berdiri dan memberikan hormat saat pengibaran bendera berlangsung, termasuk hadirin dan kontingen negara lain.

Warga Indonesia yang hadir di SUGBK ikut bernyanyi menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh penyanyi Tulus. Semua terlihat khidmat dan terharu menghayati momen ini.

Usai bendera berkibar, dilakukan juga mengheningkan cipta sejenak untuk mendoakan korban gempa Lombok di Nusa Tenggara Barat. Rasa haru dan bangga juga terjadi saat seluruh hadirin berdiri dan ikut menyanyikan 'Garuda di Dadaku' dengan penuh antusias.

6. Penampilan Atlet Legendaris

Rasa haru bercampur bangga juga terlihat saat para atlet kebanggaan Indonesia ditampilkan. Delapan atlet legendaris Indonesia mendapat kehormatan sebagai pembawa bendera Dewan Olimpiade Asia (OCA).

Kedelapan atlet legendaris tersebut adalah peraih perak Asian Games Jakarta 1962 Lely Sampurno, peraih emas Asian Games Beijing 1990 Suharyadi, peraih perunggu Olimpiade Sydney 2000 Sri Indriani, peraih emas Olimpiade 2000 Chandra Wijaya, peraih perak Olimpiade Seoul 1988 Lilis Handayani dan Kusumawardhani, peraih emas Olimpiade Beijing 2008 Markis Kido, serta peraih emas Asian Games Bangkok 1978 Christian Hadinata.

Lely Sampurno, bahkan terlihat berkaca-kaca saat membawa bendera. Dia adalah saksi hidup Asian Games pertama kali digelar di Indonesia.

Atlet legendaris lainnya ditampilkan saat melakukan estafet menyalakan kaldron api Asian Games 2018. Estafet dimulai dari legenda loncat indah Indonesia Lanny Gumulya, lalu ke peraih emas Karate Asian Games 1998 Arief Taufan.

Dari Arief, obor diserahkan ke Yustedjo Tarik sang petenis legendaris. Dari tangan Yustedjo, obor berpindah ke tangah Supriati Sutono yang merupakan mantan atlet lari.

Obor kemudian berpindah ke atlet selancar I Gusti Made Oka Sulaksana. Oka Sulaksana membawa obor naik ke 'gunung berapi' yang menjadi setting panggung dan menyerahkannya ke Susi Susanti.

Peraih medali emas Olimpiade 1992 ini menutup rangkaian estafet dengan menyulut kaldron tersebut dan diiringi tepuk tangan meriah dan letupa kembang api.

Category: Viral TerkiniTags: