4 Jenis Hantu Kuntilanak di Indonesia, Kuntilanak Merah hingga Durmo

Hantu Kuntilanak Merah vs Kuntilanak Putih Asli Seram

Wartainfo.com - Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki kisah mistis yang berhubungan dengan makhluk halus yang biasa disebut hantu. Hantu biasanya digambarkan dengan sosok menyeramkan yang gentayangan untuk mengganggu hidup manusia, seperti Genderuwo, Pocong, dan Kuntilanak

Jika berbicara tentang Kuntilanak yang terlintas dibenak kita tentu sesosok makhluk berwajah seram, berambut panjang, mengenakan pakaian putih, dan memiliki suara tertawa yang khas.

Berdasarkan data yang dihimpun Wartainfo.com dari berbagai sumber, nama Kuntilanak sebetulnya diambil dari bahasa Melayu, Puntianak atau Pontianak.

Baca juga:

Hantu ini digambarkan sebagai sosok yang memiliki wujud seorang perempuan bergaun putih yang suka mengganggu anak kecil hingga wanita yang sedang hamil ataupun yang baru melahirkan. Konon katanya, hal ini dikarenakan kuntilanak meninggal saat melahirkan, sehingga kuntilanak menjadi arwah gentayangan yang mencari-cari anaknya.

Namun tidak banyak yang mengetahui bahwa ternyata ada beberapa macam kuntilanak yang dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari Kuntilanak Merah hingga Kuntilanak Durmo. Daripada penasaran, berikut ulasan lengkapnya.

1. Kuntilanak "Mba Dini"

Beberapa waktu lalu, masyarakat Indonesia sempat dihebohkan video penampakan kuntilanak yang bikin bulu kuduk merinding. Bukan hanya sekilas, penampakan sosok makhlus itu benar-benar terlihat dengan jelas. Pada awal video, terlihat seorang anak kecil yang sedang asyik bernyanyi. Namun tak selang berapa lama kemudian, ia terdengar memanggil-manggil nama seorang wanita.

"Mba dini, sini toh Mba Dini," ucapnya.

Tak selang berapa lama kemudian, tiba-tiba sesosok wanita berambut panjang mengenakan pakaian serba putih, terlihat memasuki pintu depan rumah. Video tersebut la, sejumlah netizen mengklaim bahwa wanita yang dipanggil bocah itu adalah penampakan kuntilanak bernama "Mba Dini".

2. Kuntilanak Merah

Kuntilanak Merah

Sesuai dengan namanya, kuntilanak yang satu ini sering menampakkan diri dengan atribut serba merah, seperti kebaya atau baju terusan berwarna merah.

Konon katanya, kemunculan kuntilanak merah ditandai bau amis yang sangat menyengat, lalu diiringi lengkengingan suara tertawa yang sangat keras. Kuntilanak merah juga sering disebut kuntilanak penebar teror karena ia sering menampakkan dirinya.

Category: Misteri Mistis MitosTags: