Kisah Cinta Mengharukan 5 Tokoh Dunia Yang Melegenda Selain Romeo & Juliet

3. Hadrian dan Antinous

Kisa Cinta Mengharukan Hadrian and Antinous

Anda mungkin sudah mendengar tentang sejarah Tembok Berlin yang memisahkan Berlin Barat dan Berlin Timur. Tapi jangan salah, ternyata ada satu tembok lagi yang hingga saat ini dikenang oleh masyarakat dunia. Ini menyangkut kisah percintaan Kaisar Hadiran dengan Antinous, seorang pelajar pintar asal Yunani. Hadrian sangat terobsesi pada Antinous.

Sampai pada akhirnya mereka menjalin kisah asmara dan sering berpergian bersama untuk menyalurkan hobinya yakni, berburu. Kaisar Hadrian bahkan sempat menyelamatkan Antinous saat berburu singa. Ia juga diketahui menulis puisi erotis untuk kekasihnya itu.

Namun naas, Antinous tenggelam secara misterius saat mereka mengunjungi Sungai Nil. Beberapa orang mengatakan bahwa pria itu dibunuh oleh seseorang yang iri dengan kekuasaan Hadrian.

4. Henry II dan Rosamund Clifford

Rosamund Clifford and Henry II Picture

Raja Henry II dikenal dengan sebutan Raja Plantagenet pertama di Inggris yang memiliki seorang istri kaya raya. Tetapi cinta dalam hidupnya adalah Fair Rosamund atau disebut juga dengan “Rose of the World”. Untuk menyembunyikan perselingkuhan mereka, Henry membangun sebuah ‘sarang cinta’ di ceruk-ceruk paling dalam di sebuah taman labirin di Woodstock.

Mengetahui hal tersebut, Ratu Eleanor langsung mencari Rosamund ke dalam labirin dan akhirnya ia menemukan saingannya tersebut. Rosamund tidak bisa berkutik. Ia diminta untuk mengakhiri hidupnya oleh sang ratu.

Pada saat itu Eleanor menawarkan sebuah belati atau racun kepada selingkuhan suaminya. Rosamund memilih racun. Buntut dari insiden tersebut, membuat Raja Henry mengurung Eleanor dipenjara selama 16 tahun dalam pernikahan mereka.

5. Dante dan Beatrice

Dante and aBeatrice Picture Kisah Cinta Mengharukan Yang Berakhir Tragis

Jarang sekali seorang wanita menjadi inspirasi yang sangat mendalam bagi seorang penulis, namun sang penulis hampir tidak mengenalnya.

Penyair Italia, Dante Alighieri menulis dengan penuh semangat tentang Beatrice dalam Divine Comedy dan karya puisinya yang lain. Padahal ia hanya bertemu dengan objek afeksinya itu dua kali. Pertama, saat ia masih berumur sembilan tahun, kedua saat mereka sudah beranjak dewasa ketika Dante dan Beatrice berjalan di Firenze. Seorang wanita bermata zamrud, tiba-tiba berbalik dan memberi salam kepada Dante sebelum melanjutkan perjalannya.

Beatrice meninggal pada usia 24 tahun, dan pupuslah sudah harapan Dante bertemu wanita pujaannya hati itu. Meskipun demikian ia selalu mengatakan bahwa Beatrice adalah wanita mulia yang ada di dalam pikirannya. “Dia adalah kesalahanku, penghancur semua keburukan, dan ratu kebaikan, dia adalah penyelamatku,” kata Dante pada puisinya.

Category: Legenda, Serba - SerbiTags: